Instalasi Jaringan (Wireless LAN)

Jaringan tanpa kabel atau yang biasa disebut dengan wi-fi sedikit berbeda cara instalasinya dibandingkan dengan Ethernet card (jaringan dengan kabel). Tiap merk atau tiap jenis card wi-fi punya tampilan yang berbeda-beda. Dalam workshop kali ini kita menggunakan dua merk yang berbeda, yaitu ASUS dan Surecom. Saat ini yang sering dijual adalah Wi-Fi IEEE 802.1 1b dan IEEE 802.11g. Jika 802.1 1g mampu mencapai kecepatan 108 Mbps, maka 802.1 1b hanya mampu mencapai 11 Mbps. Jika anda menggunakan 802.11 g, anda bisa memasuki jaringan yang menggunakan 802.1 1b, tetapi kecepatan koneksi turun sesuai dengan kecepatan 802.1 1b dan hal tersebut tidak berlaku sebaliknya.

Cara instalasi kedua merk ini mudah, tinggal masukkan CD-nya dan lakukan sesuai petunjuknya. Jika anda menggunakan merk ASUS, anda akan mendapatkan buku petunjuk yang sangat lengkap dalam pengoperasian Wi-fi, sementara Surecom hanya memberikan yang agak minim.

Sebetulnya yang harus anda perhatikan dalam menggunakan jaringan Wi-fi adalah metode hubungan, SSID, dan Channel. Metode hubungan dalam wi-fi ada dua macam, yaitu : Adhoc dan Infrastructure. Hubungan Infrastructure adalah koneksi melalui acces point. Acces point bisa anda bayangkan sebagai stasiun radio, sementara yang lain mendengarkan. Jika stasiun radio ini mati, maka koneksi wi-fi otomatis juga terputus. Hubungan Adhoc adalah hubungan antar computer yang punya card wi-fi, sehingga tidak memerlukan acces point. Jika salah satu computer mati, hubungan yang lain tidak akan terpengaruh.

SSID adalah nama jaringan gelombang radio yang dipakai. SSID bisa anda isi sekehendak hati. Jika anda sudah menetapkan nama, maka komputer lain juga harus menggunakan yang sama. Sedang channel adalah kanal pilihan, yang tersedia antara 1 sampai 11 (untuk standar USA).

Seperti ASUS, Surecom juga menyediakan software tersendiri untuk melakukan koneksi. Pada intinya adalah anda harus membuat profile sebuah koneksi, kemudian mengaktifkannya. Setelah aktif, komputer lain akan mendeteksinya. Jika komputer lain tersebut juga menggunakan merk Surecom, profil koneksi yang terdeteksi harus dimasukkan ke daftar profil milik dia sendiri dan mengaktifkannya. Setelah itu barulah hubungan wi-fi.

Setelah jaringan wi-fi terbentuk, maka anda harus men-setup jaringan seperti pada jaringan kabel, yaitu menentukan nama computer dan nama workgroup. Jika salah satu komputer mempunyai dua card, yaitu card Ethernet dan card wi-fi, anda bisa menggabungkan jaringan kabel dengan jaringan tanpa kabel. Hal tersebut terjadi secara otomatis jika anda menggunakan workgroup yang sama.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: