Buat Homepage dengan JavaScript

17 11 2009

Homepage bagi sebagian kalangan pasti bukan hal yang asing lagi. Banyak diantara kita baik dari kalangan mahasiswa, akademisi, pelaku bisnis bahkan siswa-siswa sekolahpun sudah banyak yang menngunakan homepage untukn sarana menuangkan kreativitas, bisnis online ataupun hanya sekedar untuk memenuhi tugas.

Lalu apa kaitan JavaSript di sini dengan keberadaan home pasge?  JavaScript juga dapat dimanfaatkan untuk mengatur tampilan homepage yang kita punya. Dalam hal ini yang dipakai adalah JavaScrip bukan Induk ataupun turunan Java lainnya. Jadi jangan sampai salah dalam memilih aplikasi yang kita gunakan. Selain itu, Browser yang dapat menampilkan juga hanya tertentu saja. Seperti misalnya Netscape Navigator 2.0, Netscape Navigator 3.0, Internet Exploler 3.0 dan versi Internet Exploler versi terbaru lainnya.

Tetapi mungkin saja dengan versi yang berbeda JavaScipt bisa jalan di salah satu versi tetapi tidak pada versi laiinya. Begitu juga ada perbedaan bila JavaScript dijalankan pada browser yang berbeda. Hal tersebut disebabkan karena adanya perbedaan plug-in yang dimasukkan ke dalam browser-browser tersebut.

Alamat download untuk Netscape Navigator adalah http://www.netscape.com/, dan untuk Internet Explorer adalah http://www.microsoft.com. Berikut ini adalah contoh-contoh homepage dalam bentuk HTML yang memanfaatkan kehebatan JavaScript yang dikompilasi di browser Netscape Navigator 4.0.

Agar dapat diakses oleh orang lain, maka file-file HTML ini juga file-file gambar dapat ditaruh pada mesin UNIX. Dalam hal ini ditaruh di students.itb.ac.id/~tesur pada direktori public_html. Dengan catatan Web server di mesin tersebut dijalankan sehingga bisa diakses di Internet.


Actions

Information

Leave a comment